Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN
ALAM
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
ANALISIS DAN
REKOMENDASI KI
|
1
|
2
|
3
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian IPA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kajian/kerja IPA.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan
menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan
3 tahun
KI-3 dan KI-4
tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar-dasar Kegrafikaan
pada Kompetensi Keahlian Bisnis dan Managemen
(3 Tahun)
|
Keterangan pengisian
kolom sbb:
1. Kompetensi
Inti Pengetahuan (KI-3) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
2. Kompetensi
Inti Keterampilan (KI-4) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
3. Analisis:
KI-3 dan KI-4 mata pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun / 4 tahun
(pilih salah satu)
Rekomendasi: sesuai / tidak sesuai tingkat program
pendidikan (pilih salah satu), jika tidak sesuai cantumkan KI yang sesuai
tingkat program pendidikan.
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPA C1Bisnis Dan Managemen
Kelas / Semester : X / 1,2
KOMPETENSI DASAR
PENGETAHUAN
(KD-3)
|
KOMPETENSI DASAR
KETERAMPILAN
(KD-4)
|
Analisis KD-3
|
Rekomendasi KD-3
|
Analisis KD-4
|
Rekomendasi KD-4
|
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
|
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi
Pengetahuan
|
Kesesuaian Dimensi
Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
|
Bentuk Taksonomi dan
Tingkat Taksonomi
|
Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
|
·
Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan
semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
· Ketercapaian Taksonomi
semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1
Memahami gejala alam biotik
dan abiotik
|
4.1
Mengklasifikasikan gejala
alam biotik dan abiotik
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami (C2),
dan gejala alam biotik dan
abiotik adalah bentuk
pengetahuan Konseptual
|
Memahami (C2), sesuai dipasangkan dengan gejala alam abiotik (konseptual)
|
Mengklasifikasikan adalah keterampilan konkret, tingkat
Presisi (P3)
|
KD-3 Memahami (C2) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 memilih (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan.
|
KD-3 dari KD-KD pengetahuan mata pelajaran IPA sudah memenuhi Dimensi Kognitif tuntutan KI-3 yaitu memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan Bentuk Pengetahuan
juga sudah terpenuhi yaitu konseptual, prosedural, dan metakognitif.
|
3.2
Menerapkan prosedur mitigasi
bencana alam
|
4.2
Melakukan simulasi mitigasi
bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan menerapkan mitigasi bencana
alam adalah bentuk
pengetahuan Konseptual
|
Menerapkan (C3), sesuai dipasangkan dengan mitigasi
bencana alam (konseptual)
|
Menerapkan adalah keterampilan konkret tingkat,
Manipulasi
(P2)
|
KD-3 Memahami (C3) setara dengan manipulasi (P2), sedang kan KD-4 manipulasi (P2). Hal ini masih dalam
batas kesetaraan
|
|
3.3
Menganalisis materi dan perubahnnya
|
4.3
Melakukan percobaan perubahan
materi
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisa (C4), dan menganalisis materi dan perubahannya adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
|
Menganalisa (C4), sesuai dipasangkan
dengan menganalisis materi dan
perubahannya (metakognitif)
|
Menganalisis adalah keterampilan konkret tingkat,
Mahir
(P3))
|
KD-3 Menganalisa (C4) setara dengan mahir (P3), sedang kan KD-4 mahir (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
|
|
3.4
Memahami komponen-komponen
dan bentuk interaksi dalam ekosistem
|
4.4
Mengklasifikasikan
komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami (C2), dan memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem adalah bentuk pengetahuan Konseptual
|
Memahami (C2),
sesuai dipasangkan dengan memahami
komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem (konseptual)
|
Memahami adalah keterampilan konkret tingkat,
Manipulasi
(P2)
|
KD-3 Memahami (C2) setara dengan manipulasi (P2), sedang kan KD-4 manipulasi (P2). Hal ini masih dalam
batas kesetaraan
|
|
3.5
Menganalisis keseimbangan
lingkungan
|
4.5
Merumuskan upaya dalam menjaga keseimbangan lingkungan
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisa (C4), dan menganalisis keseimbangan lingkungan adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
|
Menganalisa (C4), sesuai dipasangkan
dengan menganalisis keseimbangan
lingkungan (metakognitif)
|
Menganalisis adalah keterampilan konkret tingkat,
Mahir
(P3)
|
KD-3 Menganalisa (C4) setara dengan mahir (P3), sedang kan KD-4 mahir (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
|
|
3.6
Menganalisis limbah di
lingkungan sekitar
|
4.6
Melakukan penanganan limbah
di lingkungan sekitar
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisa (C4), dan menganalisis limbah di lingkungan sekitar adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
|
Menganalisis (C4), sesuai dipasangkan
dengan menganalisis limbah di
lingkungan sekitar (metakognitif)
|
Menganalisis adalah keterampilan konkret tingkat,
Mahir
(P3)
|
KD-3 Menganalisis (C4) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 mahir (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
|
|
3.7
Menganalisis limbah di
lingkungan sekitar
|
4.7
Memecahkan masalah dampak
polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisa (C4), dan menganalisis limbah di lingkungan sekitar adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
|
Memahami (C4), sesuai dipasangkan dengan menganalisis limbah di lingkungan sekitar (metakognitif)
|
Menganalisis adalah keterampilan konkret tingkat,
Mahir
(P3)
|
KD-3 Menganalisis (C4) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 mahir (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
|
|
3.8
Mengevaluasi AMDAL
|
4.8
Melakukan kajian
tentang AMDAL pada lingkungan sekitar
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Mengevaluasi (C4), dan mengevaluasi AMDAL adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
|
Mengevaluasi (C4), sesuai dipasangkan
dengan mengevaluasi AMDAL (metakognitif)
|
Mengevaluasi adalah keterampilan konkret tingkat,
Presisi
(P3)
|
KD-3 Mengevaluasi (C4) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 presisi (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
|
|
3.9
Menerapkan kesehatan,
keamanan dan keselamatan kerja
|
4.9
Melakukan pencegahan
bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan
kerja adalah bentuk
pengetahuan Prosedural
|
Menerapkan (C3), sesuai dipasangkan dengan menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan
kerja (prosedural)
|
Menerapkan adalah keterampilan konkret tingkat,
Presisi
(P3)
|
KD-3 Menerapkan (C3) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 m (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar