Selasa, 15 Agustus 2017

lk 1 Analisis SKL KI. KD IPA Kurikulum 2013 Revisi

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
1
2
3
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian IPA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja IPA.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun

KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar-dasar Kegrafikaan pada Kompetensi Keahlian Bisnis dan Managemen (3 Tahun)


Keterangan pengisian kolom sbb:
1.     Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
2.     Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
3.     Analisis: KI-3 dan KI-4 mata pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun / 4 tahun (pilih salah satu)
Rekomendasi: sesuai / tidak sesuai tingkat program pendidikan (pilih salah satu), jika tidak sesuai cantumkan KI yang sesuai tingkat program pendidikan.  




Nama  Sekolah              : 
Mata Pelajaran             : IPA C1Bisnis Dan Managemen

Kelas  / Semester         : X / 1,2

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
(KD-3)
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
(KD-4)
Analisis KD-3
Rekomendasi KD-3
Analisis KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi
Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
·      Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
·      Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
3.1           Memahami gejala alam biotik dan abiotik
       4.1     Mengklasifikasikan gejala alam biotik dan abiotik
Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami (C2), dan gejala alam biotik dan abiotik adalah bentuk pengetahuan Konseptual
Memahami (C2), sesuai dipasangkan dengan gejala alam abiotik  (konseptual)
Mengklasifikasikan adalah keterampilan konkret, tingkat
Presisi (P3)
KD-3 Memahami (C2) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 memilih (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan.
KD-3 dari KD-KD pengetahuan mata pelajaran IPA sudah memenuhi Dimensi Kognitif tuntutan KI-3 yaitu memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan Bentuk Pengetahuan juga sudah terpenuhi yaitu konseptual, prosedural, dan  metakognitif.
3.2           Menerapkan prosedur mitigasi bencana alam
       4.2     Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan menerapkan mitigasi bencana alam adalah bentuk pengetahuan Konseptual
Menerapkan (C3), sesuai dipasangkan dengan mitigasi bencana alam (konseptual)
Menerapkan adalah keterampilan konkret tingkat,
Manipulasi
(P2)
KD-3 Memahami (C3) setara dengan manipulasi (P2), sedang kan KD-4 manipulasi (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
3.3           Menganalisis materi dan perubahnnya
       4.3     Melakukan percobaan perubahan materi
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisa (C4), dan menganalisis materi dan perubahannya adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
Menganalisa (C4), sesuai dipasangkan dengan menganalisis materi dan perubahannya  (metakognitif)
Menganalisis adalah keterampilan konkret tingkat,
Mahir
(P3))
KD-3 Menganalisa (C4) setara dengan mahir (P3), sedang kan KD-4 mahir (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
3.4           Memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
       4.4     Mengklasifikasikan komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem
Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami (C2), dan memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem adalah  bentuk pengetahuan Konseptual
Memahami (C2), sesuai dipasangkan dengan memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem (konseptual)
Memahami adalah keterampilan konkret tingkat, Manipulasi
(P2)
KD-3 Memahami (C2) setara dengan manipulasi (P2), sedang kan KD-4 manipulasi (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
3.5           Menganalisis keseimbangan lingkungan
       4.5     Merumuskan upaya dalam menjaga  keseimbangan lingkungan
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisa (C4), dan menganalisis keseimbangan lingkungan adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
Menganalisa (C4), sesuai dipasangkan dengan menganalisis keseimbangan lingkungan  (metakognitif)
Menganalisis adalah keterampilan konkret tingkat,
Mahir
(P3)
KD-3 Menganalisa (C4) setara dengan mahir (P3), sedang kan KD-4 mahir (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
3.6           Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
       4.6     Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisa (C4), dan menganalisis limbah di lingkungan sekitar adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
Menganalisis (C4), sesuai dipasangkan dengan menganalisis limbah di lingkungan sekitar  (metakognitif)
Menganalisis adalah keterampilan konkret tingkat,
Mahir
(P3)
KD-3 Menganalisis (C4) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 mahir (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
3.7           Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
       4.7     Memecahkan masalah dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisa (C4), dan menganalisis limbah di lingkungan sekitar adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
Memahami (C4), sesuai dipasangkan dengan menganalisis limbah di lingkungan sekitar  (metakognitif)
Menganalisis adalah keterampilan konkret tingkat,
Mahir
(P3)
KD-3 Menganalisis (C4) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 mahir (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
3.8           Mengevaluasi AMDAL
       4.8     Melakukan kajian tentang AMDAL pada lingkungan sekitar
Tingkat dimensi kognitif adalah Mengevaluasi (C4), dan mengevaluasi AMDAL adalah bentuk pengetahuan Metakognitif
Mengevaluasi (C4), sesuai dipasangkan dengan  mengevaluasi AMDAL  (metakognitif)
Mengevaluasi adalah keterampilan konkret tingkat,
Presisi
(P3)
KD-3 Mengevaluasi (C4) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 presisi (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan
3.9           Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
       4.9     Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja adalah bentuk pengetahuan Prosedural
Menerapkan (C3), sesuai dipasangkan dengan menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja  (prosedural)
Menerapkan adalah keterampilan konkret tingkat,
Presisi
(P3)
KD-3 Menerapkan (C3) setara dengan presisi (P3), sedang kan KD-4 m (P3). Hal ini masih dalam batas kesetaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar