A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu
tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat
menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam
sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam
kehidupan sehari-hari. IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk
memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat
diidentifikasi. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak
berdampak buruk terhadap lingkungan. Mata pelajaran IPA diharapkan menekankan
pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan
masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk menerapkan konsep
IPA secara bijaksana. Mata pelajaran IPA berhubungan dengan bagaimana memahami
alam secara sistematis, juga merupakan wahana bagi peserta didik untuk memahami
diri dan alam sekitar, serta bagaimana memperlakukan alam sekitar guna menjaga
kelestariannya. Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran adaptif, yang
bertujuan membekali peserta didik dasar pengetahuan tentang hukum-hukum
kealaman serta makhluk hidup dan tidak hidup yang menjadi dasar sekaligus
syarat kemampuan, yang berfungsi mengantarkan peserta didik guna mencapai
kompetensi program keahliannya. Di samping itu mata pelajaran IPA mempersiapkan
kemampuan peserta didik agar dapat mengembangkan program keahliannya pada
tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
B. Tujuan
Mata pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1. Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran
Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam
ciptaanNya
2. Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam
gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari
3. Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta
dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
4. Mengembangkan kemampuan IPA untuk menunjang
kompetensi produktif.
C. Standar Kriteria Lulusan
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1
|
Memahami gejala gejala alam melalui
pengamatan
|
a.
Mengidentifikasi obyek
secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
b.
Mengidentifikasi obyek
secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
abiotik
|
2
|
Memahami polusi dan dampaknya terhadap
manusia dan lingkungan
|
a.
Mengidentifikasi jenis
limbah
b.
Mengidentifikasi jenis
polusi pada lingkungan kerja
c.
Mendeskripsikan dampak
polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
d.
Mendeskripsikan
cara-cara menangani limbah
|
3
|
Memahami komponen ekosistem serta peranan
manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
|
a.
Mengidentifikasi
komponen ekosistem
b.
Menjelaskan konsep
keseimbangan lingkungan
c.
Mendeskripsikan Amdal
|
Modul 1. Limbah
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan
diskusi kelas tentang pengertian limbah berdasarkan peraturan yang berlaku,
siswa dapat menjelaskan karakteristik limbah sebanyak 2 ciri
2. Melalui kegiatan
diskusi kelas tentang BML setiap hasil aktivitas manusia berdasarkan peraturan
yang berlaku, siswa dapat menjelaskan 2
kriteria BML pada hasil aktivitas manusia
B.
Materi
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan
semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan
perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan
manusia serta makhluk hidup lain. Keutuhan lingkungan hidup sangat dipengaruhi
oleh manusia dalam bentuk pemenuhan kebutuhan yang teroperasionalkan dalam
bentuk pembangunan. Salah satu tindakan manusia yang merugikan lingkungan dalam
bentuk tindakan yang menimbulkan perubahan langsung atau tidak langsung
terhadap sifat fisik dan/atau hayatinya yang mengakibatkan lingkungan hidup
tidak berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan. Berdasarkan UU RI
No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, limbah
adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan. Dalam hal ini, limbah merupakan
salah satu faktor yang dapat merusak lingkungan akibat ulah manusia. Untuk
memperluas pengetahuan anda tentang limbah, lengkapi gambar dan pertanyaan di
bawah ini!
Gambar
|
Peristiwa
|
Dampak Bagi
Manusia
|
Dampak bagi Lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Dari kedua gambar di
atas, sebutkan 3 syarat suatu zat/benda/barang dikatakan limbah!
…………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Jelaskan jenis kegiatan-kegiatan
manusia yang dapat menghasilkan limbah!
…………………………………………………………………………………………………………………………………
Berdasarkan
UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, Baku Mutu Lingkungan
Hidup adalah ukuran batas atau kadar mahluk hidup, zat, energy, atau komponen
yang ada atau harus ada dan/atau unsure pencemar yang ditenggang keberadaannya
dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup. Pada kajian
Baku mutu lingkungan, hanya beberapa jenis BML yang dibahas yaitu meliputi baku
tingkat kebisingan(Kepmen Lingkungan Hidup No. 48 Tahun 1996), Baku mutu limbah
domestik(Kepmen Lingkungan Hidup No. 112 Tahun 2003) dan Baku mutu air(PP No.
20 Tahun 1990).
Peruntukan Kawasan/ Lingkungan Kesehatan
|
Tingkat kebisingan db(A)
|
Peruntukan Kawasan
|
|
1.
Perumahan dan pemukiman
|
55
|
2.
Perdagangan dan jasa
|
70
|
3.
Perkantoran dan perdagangan
|
65
|
4.
Ruang terbuka hijau
|
50
|
5.
Industry
|
70
|
6.
Pemerintahan dan fasilitas umum
|
60
|
7.
Rekreasi
|
70
|
Lingkungan Kegiatan
|
|
1.
Rumah sakit, sekolah dan tempat ibadah
|
55
|
1.
Baku tingkat
kebisingan
a.
Kebisingan adalah bunyi yang tidak diinginkan
dari usaha atau kegiatan dalam
tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan
lingkungan;
b. Tingkat kebisingan adalah ukuran energi bunyi yang dinyatakan dalam
satuan Desibel disingkat dB;
c.
Baku tingkat kebisingan adalah batas maksimal
tingkat kebisingan yang diperbolehkan dibuang ke lingkungan dari usaha atau
kegiatan sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan;
2.
Baku mutu air limbah domestik
Parameter
|
Kadar Maksimum
(mg/l, Ex : pH)
|
pH
|
6-9
|
BOD
|
100
|
Minyak dan lemak
|
10
|
TSS (total suspen-ded solid)
|
100
|
a. Air limbah domestik adalah air limbah yang berasal dari usaha dan
atau kegiatan permukiman (real estate), rumah makan (restauran), perkantoran, perniagaan, apartemen dan
asrama;
b. Baku mutu air limbah domestik adalah ukuran batas atau kadar
unsure pencemar dan atau jumlah unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya
dalam air limbah domestik yang akan dibuang atau dilepas ke air permukaan
c.
Baku mutu air limbah domestik berlaku bagi :
1) Semua kawasan permukiman, kawasan perkantoran, kawasan perniagaan,
dan apartemen;
2) Rumah makan (restauran) yang luas bangunannya lebih dari 1000
meter persegi
3) Asrama yang berpenghuni 100 (seratus) orang atau lebih
d.
Baku Mutu Air
1) Baku mutu air adalah batas atau
kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain yang ada atau harus ada
dan atau unsur pencemaran yang ditenggang adanya dalam air pada sumber air
tertentu sesuai dengan peruntukannya
2) Baku mutu limbah cair adalah batas kadar dan jumlah unsur pencemaran
yang ditenggang adanya dalam limbah cair untuk dibuang dari satu jenis kegiatan
tertentu
3) Baku mutu air laut adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat,
energi, atau komponen yang ada atau harus ada dan/atau unsur pencemar yang
ditenggang keberadaannya di dalam air laut
Untuk
memperdalam pengetahuan kalian tentang baku mutu lingkungan, Jawablah
pertanyaan di bawah ini!
1. Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan Baku Mutu Lingkungan?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…..
2.
Perhatikan gambar di samping dan jawablah
pertanyaan di bawah ini!
a. Menurut anda, apakah sumber makanan pada gambar disamping layak untuk
dikonsumsi?
Ikan
Berformalin
|
b. Berdasarkan konsep baku mutu lingkungan, menurut Anda hal-hal apa saja
yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi jenis makanan sesuai gambar
disamping!
…………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Perhatikan gambar di samping dan jawablah
pertanyaan di bawah ini !
a. Apakah pendapat Anda tentang ilustrasi/gambar tersebut !
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
b. Menurut Anda, bagaimana hubungan limbah dengan Baku Mutu Lingkungan agar
tidak terjadi kondisi seperti gambar di samping.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar