ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Program : Semua Jurusan
Kelas /Semester : X / 1
Waktu : 90 Menit
Hari/Tanggal :
Petunjuk Umum :
1. Periksalah dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum menjawab!
2. Jumlah soal sebanyak 30 butir soal pilihan ganda dan 5 butir essay semua harus dijawab!
3. Dahulukan Menjawab soal yang dianggap mudah!
A. Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Dianggap Paling Benar !
1. Ilmu pengetahuan merupakan ...
a. Ilmu yang mempelajari gejala alam
b. Ilmu yang mempeajari benda mati
c. Ilmu yang mempelajari gejala sosial
d. Ilmu yang mengkaji hubungan antarmanusia
e. Ilmu yang mempelajari bumi dan antariksa
2. Sebuah ilmu pengetahuan alam memiliki objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yang nyata dan dapat ditangkap oleh panca indera, ciri ilmu pengetahuan alam yang dimaksud adalah...
a. Logis c. Objektif e. Empiris
b. Kongkrit d. Subjektif
3. Dibawah ini merupakan langkah langkah dari metode ilmiah.
1. Menarik kesimpulan
2. Mempublikasikan hasil
3. Merumuskan hipotesis
4. Merumuskan masalah
5. Melakukan eksperimen
6. Analisis data
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah...
a. 1-2-3-4-5-6 c. 4-3-5-6-1-2 e. 4-3-2-1-6-5
b. 4-3-5-6-2-1 d. 4-2-3-5-6-1
4. Seorang siswa melakukan sebuah penelitian, dia melakukan pengamatan pada sebuah daun. Data yang diperoleh “ daun berbentuk oval, berwarna hijau, tulang daun menyirip. Data yang diperoleh siswa tersebut adalah jenis data…
a. Objektif c. Kualitatif e. Analitif
b. Kuantitatif d. Adaptif
5. Faktor yang menyebankan keanekaragaman pada spesies disebabkan oleh....
a. Tingkah laku dan gen
b. Gen dan Faktor Abiotik
c. Faktor Abiotik dan Biotik
d. Gen dan Lingkungan
e. Gen dan makanan
6. Dasar klasifikasi makhluk hidup secara filogenik dapat dilihat dari...
a. Persamaan morfologi
b. Kekerabatan antar takson
c. Kesamaan tatanan biokimia
d. Perbedaan bentuk dan fungsi
e. persamaan ciri anatomi dan fisiologi
7. Cacing hati (fisiola Hepatica) mempunyai inang perantara ...
a. Sapi c. Babi e. Rumput Air
b. Domba d. Siput air tawar
8. Didunia ini tidak pernah dijumpai 2 individu yang sama persis sehingga memunculkan variasi, yang dimaksud variasi adalah...
a. Persamaan sifat organisme karena adaptasi
b. Perubahan sifat organisme karena evolusi
c. Perbedaan beberapa sifat organisme liar
d. Perubahan penyesuaian lingkungannya
e. Perbedaan antar individu yang organismenya sejenis
9. Suatu pengamatan memiliki realibilitas yang tinggi jika ....
a. Hasil pengamatan berulang-ulang pada objek yang berbeda menunjukan nilai yang berubah.
b. Hasil pengamatan berulang-ulang pada objek yang berbeda menunjukan nilai yang tetap.
c. Hasil pengamatan berulang-ulang pada objek yang sama menunjukan nilai yang berubah
d. Hasil pengamatan berulang-ulang pada objek yang sama menunjukan nilai yang tetap.
e. Hasil pengamatan berulang-ulang menghasilkan jawaban yang benar
10. Hutan bakau di kalimantan, hutan hujan tropis di jawa barat, dan savanna di papua merupakan contoh kenekaragaman tingkat…
a. Gen c. Ekosistem e. Populasi
b. Jenis d. Individu
11. Berikut ini adalah jenis hewan tipe Australia kecuali…
a. Cendrawasih
b. Kuskus
c. Landak
d. Kasuari
e. Bekantan
12. Jamur tidak di kelompokan pada dunia tumbuhan dikarenakan …
a. Dinding selnya dari kitin atau selulosa
b. Hifanya ada yang tidak bersekat
c. Membentuk Spora
d. Tidak memiliki Klorofil
e. Bersifat Autotrof
13. Jumlah populasi ikan sebelum tercemar limbah adalah 500 ekor akan tetapi setelah terjadinya pencemaran limpah populasi ikan jadi menurun sebanyak 50% hal tersebut merupakan ketrampilan sains dalam…
a. Memprediksi c. Menafsirkan e. Menyimpulkan
b. Mengobservasi d. Mempublikasikan
14. Berikut ini merupakan Tumbuhan endemic Indonesia kecuali…
a. Ratu sulur permata hijau c. Matoa e. Mawar
b. Rafflesia Arnoldi d. Sawo Kecik
15. Tartius dan burung raja udang adalah jenis hewan tipe…
a. Oriental
b. Australia
c. Peralihan
d. Ethitophia
d. Neotropikal
16. Gnetum gnemon adalah nama ilmiah meninjo dimana kata Gnetum menunjukan takson....
a. Spesies
b. Genus
c. Familia
d. Ordo
e. Classis
17. Pengelompokan jambu, kedongdong, rambutan, pisang, menjadi kelompok buah-buahan merupakan klasifikasi berdasarkan....
a. Ciri morfologi
b. Ciri anatomi
c. Habitus
d. Manfaat
e. Filogenik
]]
18. Berikut ini yang merupakan ciri dari porifera kecuali....
a. Bersifat hermaprodit
b. Tidak memiliki Saraf dan Otot
c. Tubuhnya Berpori yang berfungsi sebagian tempat masuk air
d. Bereproduksi secara generatif dan vegetatif
e. Memiliki tentakel
19. Berikut ini adalah pelestarian sumber daya alam hayati
1. Pelestarian badak bercula satu di Cagar Alam Ujung kulon
2. Melindungi komodo di taman nasional komodo
3. Memelihara hewan dikebun binatang
4. Menanam anggek hutan di kebun botani bogor
5. Melindungi bunga bangkai raksasa di bengkulu
Upaya pelestarian in situ adalah nomor....
a. (1), (2),dan (3)
b. (1), (2),dan (4)
c. (1), (2),dan (5)
d. (1), (4),dan (5)
e. (1), (3),dan (5)
20. Para pakar memiliki tujuan tertentu dalam pengklasifikasian makhluk hidup, tujuan itu adalah sebagai berikut kecuali....
a. Untuk mempermudah dalam mengenali dan mempelajari makhluk hidup
b. Untuk menyusun dan melihat kekerabatan antar makhluk hidup
c. Untuk melestarikan makhluk hidup
d. Untuk menentukan makhluk hidup dalam menentukan kedudukan takson
e. Untuk melakukan pengujian obat baru
21. Dibawah ini adalah merupakan sifat dari mikroorganisme.
1. Dapat dikristalkan
2. Bentuk tubuh tidak tetap
3. Hanya dapat hidup didalam sel hidup
4. Merupakan bentuk peralihan antara benda mati dan benda hidup
5. Bersifat predator
Sifat-sifat yang dimiliki oleh virus adalah....
a. (1), (2),dan (3)
b. (1), (4),dan (5)
c. (1), (3),dan (5)
d. (1), (3),dan (4)
e. (2), (3),dan (5)
22. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yogurt adalah ....
a. Lactobacilus bulgariosis
b. Escherichia coli
c. Acetobacter xylinum
d. Steptococcus lactis
e. Acetobacter sp.
23. Virus HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan manusia. Virus ini menyerang...
a. Sistem peredaran darah dan pernapasan
b. Sistem pencernaan dan ekresi
c. Sistem kekebalan tubuh
d. Sistem peredaran darah
e. Sistem transportasi
24. Blooming algae dapat menyebabkan biota air lainya mati karena...
a. Algae memakan biota air lainnya
b. Menyebabkan kadar oksigen dalam perairan menurun
c. Meningkatkan suhu dalam perairan
d. Algae mengambil nutrisi yang diperlukan biota lainya
e. Menurunkan derajat keasaman (ph) perairan
25. Pembudidayaan ulat sutra sebagai penghasil kain sutra merupakan manfaat keanekaragaman dalam bidang...
a. Papan
b. Pangan
c. Sandang
d. Kosmetik
e. Obat-obatan
26. Mikroorganisme yang hidup dalam darah manusia menyebabkan penyakit tidur adalah....
a. Leishmania donovani
b. Tripanosoma brucei gambience
c. Tripanosoma evansi
d. Tripanosoma brucei brucei
e. Trichonympha campanula
27. Pada siang hari kumpulan ganggang disawah menghasilkan gelembung-gelembung udara. Gelembung udara tersebut berisi...
a. Oksigen
b. Karbon dioksida
c. Nitrogen
d. Amoniak
e. Nitrit
28. Urutan tingkat takson dari yang terendah pada takson tertinggi adalah...
a. Spesies- genus- famili-ordo-kelas-filum-kingdom
b. Spesies-famili-genus- ordo-kelas- filum-kingdom
c. Genus- spesies-ordo- famili- kelas filum-kingdom
d. Kingdom-Filum- kelas- ordo- famili- genus-spesies
e. Kingdom-Filum-spesies-genus-ordo-famili-kelas
29. Hewan berikut yang termasuk pada kelas mamalia adalah...
a. Buaya dan kupu-kupu
b. Ular dan udang
c. Katak dan hiu
d. Kelelawar dan paus
e. Walet dan kelelawar
30. Pasangan makhluk hidup berikut ini memiliki kekerabatan paling dekat adalah....
a. Curcuma domestica dan Felix domestica
b. Staphylococcus aureus dan Micrococcus luteus
c. Panthera tigris dan Panthera pardus
d. Gnetum gnemon dan Zea mays
e. Oryza sativa dan Zea mays
B. Essay!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan metode ilmiah?
2. Berikan 3 contoh manfaat apa saja yang dapat dirasakan manusia dari adanya keanekaragaman makhluk hidup?
3. Jelaskan tahapan atau langkah-langkah dalam pengklasifikasian makhluk hidup?
4. Mengapa virus dikatakan sebagai hewan metaorganisme?
5. Sebutkan 3 bakteri yang menguntungkan manusia?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar